INTERNASIONAL

Semakin Panas, Rusia Siap Luncurkan Rudal Hipersonik Hingga Nuklir jika Swedia, Finlandia Bergabung dengan NATO

Ilustrasi bahaya nuklir. (Foto: pixabay).

Tunasnegeri.com – Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan NATO bahwa jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan aliansi militer yang dipimpin AS maka Rusia akan mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik di sebuah eksklave di jantung Eropa.

Seperti yang kita ketahui bahwa Rusia memiliki persenjataan hulu ledak nuklir terbesar di dunia dan, bersama dengan China dan Amerika Serikat, adalah salah satu pemimpin global dalam teknologi rudal hipersonik .

Dilansir dari Alzazeera pada Jumat (15/4/2022), Dmitry Medvedev, wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, mengatakan bahwa, jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO, maka Rusia harus memperkuat angkatan darat, angkatan laut dan udaranya di Laut Baltik.

Medvedev juga secara eksplisit mengangkat ancaman nuklir dengan mengatakan bahwa tidak akan ada lagi pembicaraan tentang Baltik yang “bebas nuklir” – di mana Rusia memiliki eksklave Kaliningrad yang diapit di antara Polandia dan Lithuania.

“Tidak ada lagi pembicaraan tentang status bebas nuklir untuk Baltik – keseimbangan harus dipulihkan,” kata Medvedev, yang adalah presiden Rusia dari 2008 hingga 2012.

Medvedev mengatakan dia berharap Finlandia dan Swedia akan masuk akal. Jika tidak, katanya, mereka harus hidup dengan senjata nuklir dan rudal hipersonik di dekat rumah.

Sementara itu, Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, ditanya tentang komentar Medvedev oleh wartawan, mengatakan bahwa “ini telah dibicarakan berkali-kali” dan Presiden Vladimir Putin telah mengeluarkan perintah untuk “memperkuat sayap barat kami” karena potensi militer NATO yang berkembang.

Untuk diketahui, Finlandia, yang berbagi perbatasan 1.300 km (810 mil) dengan Rusia, dan Swedia sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan aliansi NATO. (*).

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like