TIPS

Ternyata Daun Singkong Memiliki Banyak Manfaat, Salah Satunya Bisa Jadi Pelancar ASI

Daun singkong. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Di Indonesia daun singkong sangat mudah di jumpai seperti di pasar tradisional atau bahkan banyak juga masyarakat yang menanamnya.

Siapa yang menyangka daun singkong yang memiliki rasa cenderung agak pahit ini ternyata memiliki rasa yang enak ketika sudah di masak.

Daun singkong ini memiliki banyak nutrisi diantarannya vitamin, protein, mineral dan asam amino esensial. Protein dalam sayuran tersebut bermanfaat untuk membantu membentuk sel-sel tubuh dan penyusun sistem enzim.

Sementara asam amino membantu mengubah energi menjadi karbohidrat, memulihkan luka kulit, membantu meningkatkan daya ingat, serta menjaga kesehatan tulang dan metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan klorofil yang terdapat pada daun singkong bersifat antikanker dan antioksidan.

Seperti dilansir Tunasnegeri.com dari berbagaisumber pada Selasa, (12/4/2022) berikut ini manfaat daun singkong bagi tubuh :

1. Mengobati Diare
Berdasarkan penelitian dari Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, tikus lab yang mengalami diare mengalami penurunan gejala setelah diberi daun singkong.

2. Pelancar ASI
Siapa yang mengira ternyata mengonsumsi daun singkong dapat meningkatnya produksi air susu ibu (ASI). Hal ini karena daun singkong mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Jadi jika merasa produksi ASI tidak lancar, maka dianjurkan untuk mengonsumsi daun singkong.

3. Mencegah anemia
Biasanya ketika setelah melahirkan, para ibu rentan terkena anemia. Nah daun singkong ini bisa berkhasiat untuk mencegah penyakit anemia ini loh.

Daun singkong juga merupakan sumber zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan mencegah anemia.

Meskipun baik untuk kesehatan, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi daun singkong ini ya karena kalau berlebihan juga tidak baik untuk tubuh kita. (*).

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like