AGAMA

Ternyata Puasa Bermanfaat Bagi Tubuh, Berikut 5 Manfaatnya

Ilustrasi puasa Ramadhan. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Mungkin jarang orang yang tau apa sih manfaat puasa bagi tubuh manusia. Tak jarang, pada awal-awal memulai berpuasa reaksi tubuh akan mengalami lemas dan pusing. Namun jika ini dilakukan secara rutin ternyata berpuasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dilansir Tunasnegeri.com dari berbagai sumber, yuk simak apa saja sih manfaat puasa bagi tubuh manusia :

1. Memperbaiki gula darah dalam tubuh

Bagi penderita diabetes, puasa ini memiliki manfaat karena membantu mengurangi resistensi pada insulin dan kadar gula yang berlebihan.
Ini terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

2. Membantu mengatasi asam urat dan kolesterol

Kolesterol dan asam urat didalam tubuh akan keluar melalui aliran darah melalui proses ketosis. Tubuh akan mengalami pusing, kelelahan, nyeri sendi, nyeri otot dan lainnya. Namun, secara perlahan rasa sakit akan menurun dan tekanan darah juga akan turun.

3. Mengurangi produksi asam lambung

Nah, jika para penderita maag ini melakukan puasa dengan cara yang benar ini akan mengurangi produksi asam lambung. Jadi untuk para penderita penyakit ini, maag tidak menjadi masalah kalau mau puasa malahan akan memperbaiki asam lambung.

4. Mengurangi bau mulut

Selama berpuasa, mulut tidak akan kering karena air liur akan tetap berproduksi. Hal ini juga bisa mengurangi bau mulut selama puasa.

5. Mengurangi stres

Puasa ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Karena puasa bisa mendorong untuk menahan hawa nafsu lainnya, menjadi lebih bersabar dan tenang. Semua itu adalah hal-hal positif yang dapat membantu Anda terhindar dari stres.

Itulah beberapa manfaat berpuasa, tetapi tetap niatkan puasa sebagai ibadah ya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like