KESEHATAN OLAHRAGA

Tetap Bugar dan Sehat Saat Puasa, Bersepeda dan Asupan Nutrisi Seimbang Jadi Tips Berpuasa Ala Gubernur Khofifah

Gubernur Khofifah saat bersepeda. (Foto: Humas Pemprov for Tunas Negeri).

Tunasnegeri.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berbagi tips agar tetap bugar dan sehat selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan.

Selama berpuasa, Gubernur Khofifah tetap aktif berolahraga seperti bersepeda serta dengan diimbangi menu nutrisi seimbang dan cukup minum air putih. Hal tersebut dipercaya dapat melancarkan ibadah puasa di tengah pandemi.

“Sejumlah tips tetap sehat saat puasa belakangan ini kerap dicari oleh sejumlah masyarakat. Kalau pesan saya asupan nutrisi harus diperhatikan, dan juga jangan lupa berolahraga,” kata Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jum’at (15/4) pagi.

Menurutnya, meski puasa, olahraga tetap menjadi aktivitas yang penting. Sebab, olahraga merupakan salah satu tips sehat selama bulan puasa. Namun, masyarakat diimbau melakukan olahraga yang ringan untuk menghindari kelelahan bahkan dehidrasi berlebihan. Contohnya bersepeda, berjalan kaki memutari kompleks perumahan, dan sebagainya.

“Bisa melakukan olahraga sepeda ringan serta jalan kaki menjelang berbuka puasa ,” tutur orang nomor satu di Jatim ini.

Menurut Khofifah, olahraga bersepeda dinilai mampu menjaga kebugaran tubuh jangka panjang. Bahkan dengan bersepeda selama 45 menit akan membakar kalori sekaligus dapat menjaga kebugaran badan.

“Ayo bergerak Insya Allah sehat, bugar dan panjang umur ,” ujarnya.

Selain berolahraga, gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga mengingatkan pentingnya asupan menu nutrisi seimbang. Protein dan serat yang tinggi, kata dia, baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu proses detoks.

“Makanan berserat tinggi juga akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi saat sahur,” ungkapnya.

Tidak hanya olahraga dan makanan yang bergizi, Gubernur Khofifah juga mengatakan pentingnya mengonsumsi air putih, utamanya di saat sahur dan berbuka puasa.

“Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air sehingga kita lebih rentan terhadap dehidrasi selama puasa. Pastikan minum air putih minimal 6-8 gelas dari buka puasa hingga sahur. Jika ini dilakukan meski padatnya kegiatan, tidak menghalangi untuk berpuasa. Bahkan badan tetap bugar dan sehat,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Khofifah, tips tetap sehat saat berpuasa berikutnya, jika diperlukan bisa mengkonsumsi suplemen, vitamin dan lainnya. Bagi Khofifah, hal tersebut berguna bagi tubuh lantaran berpuasa dengan aktifitas yang tetap tinggi memungkinkan seseorang kehilangan nutrisi penting.

Pemilihan asupan nutrisi yang tepat, lanjutnya, akan sangat mempengaruhi energi dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Terutama saat berpuasa, seseorang hanya mengkonsumsi lebih sedikit kalori sehingga kebutuhan nutrisi sulit terpenuhi.

“Selain itu, vitamin juga dapat menjaga daya tahan tubuh untuk terhindar dari infeksi, khususnya selama puasa di tengah pandemi COVID-19. Semoga tetap sehat dan bugar saat menjalankan ibadah puasa dengan aktifitas yang tinggi,” pungkasnya. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like