OLAHRAGA

Tetap Bugar di Usianya yang Tidak Muda Lagi, Ternyata ini Rahasia Arum Sabil

HM Arum Sabil saat berolahraga di pagi hari. (Foto: Arip Ripaldi).

Tunasnegeri.com – Bisa dibilang, hampir setiap orang ingin terus terlihat awet muda dan bugar. Nah, tentu hal itu tidaklah mustahil jika kita menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu, kita juga bisa meniru orang-orang yang konsisten menjalani hidup sehat. Salah satunya, kita bisa belajar dari HM Arum Sabil seorang praktisi Agribisnis dan Perkebunan. Di usianya yang bisa dibilang tidak muda lagi ini, dia masih terlihat sehat dan bugar.

Rupanya, pria yang akrab di sapa Abah Arum ini memang gemar berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat.

Abah Arum mengutarakan bahwa cara untuk membuat tubuh tetap sehat adalah dengan berolahraga. Olahraga bisa dilakukan dengan berbagai jenis dan cara.

“Seperti olahraga lari di pagi hari. Selain menjadi olahraga yang murah dan dapat dilakukan di mana saja, juga diketahui bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih baik serta membantu meningkatkan energi untuk persiapan beraktivitas sepanjang hari dan tentunya memperkuat otot tubuh, terutama otot kaki,” tutur Abah Arum kepada Tunas Negeri di sela-sela olahraganya, pada Rabu (8/6/2022).

Dari banyaknya informasi dari para ahli kesehatan, Abah Arum menjelaskan bahwa berolahraga di pagi hari adalah cara sederhana untuk membuat tubuh tetap bugar.

Kesegaran yang didapatkan di pagi hari mulai dari udara dan lingkungan akan berdampak positif terhadap tubuh.

“Lari pagi adalah obat yang paling baik, berjalan tanpa henti selama 15-30 menit per hari bisa mengubah penampilan dan membuat tubuh tambah sehat,” ujarnya.

Selain itu, Abah Arum juga menjelaskan bahwa lari pagi juga dapat meingkatkan energi dan meningkatkan suasana hati.

“Ada beberapa manfaat fisiologis untuk olahraga lari di pagi hari juga. Jalan-jalan dapat membantu meningkatkan suasana hati serta mengurangi stres, kecemasan, kelelahan, dan juga meringankan gejala depresi atau mengurangi risiko depresi,” imbuhnya.

Selain itu, Abah Arum juga menjelaskan bahwa olahraga pagi hari mampu meningkatkan kejernihan mental dan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari.

“Olahraga pagi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan untuk fokus sepanjang hari. Selain itu, juga dapat membantu seseorang dapat membantu dalam memecahkan masalah lebih baik daripada jika duduk atau tidak bergerak,” tukasnya.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Abah Arum menyarankan agar berolahraga lari pagi selama 20 hingga 30 menit setidaknya 5 hari seminggu. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like