KESEHATAN

Tim Mobil Unit UDD PMI Berburu Relawan Pendonor Untuk Cukupi Kebutuhan Darah Jelang Ramadhan 1443 H

TNI AD Saat melakukan aksi donor darah. (Foto: Humas PMI Jember for Tunas Negeri).

Tunasnegeri.com – Menjelang Ramadhan 1443 Hijriah, Stok darah yang tersimpan di ruangan di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember menjelang Ramadan 1443 H menipis.

Berdasarkan laman UDD PMI Kabupaten Jember di www.donordarahsehat.com diketahui hingga pukul 09.32 diketahui untuk komponen whole blood (WB) golongan darah A, AB dan O kosong. Sedangkan golongan darah B hanya 3 kantong.

Sedangkan untuk komponen darah Packed Red Cell (PRC) relatif lebih banyak dari pada WB. PRC golongan darah A dan B masing-masing sebanyak 16 kantong, AB sebanyak 11 kantong dan O sebanyak 35 kantong.

Sedangkan komponen darah Thrombocyte Concentrate (TC) sangat tipis, dan berpeotensi kosong. Untuk TC golongan darah A dan Ab masing-masing hanya 1 kantong dan TC untuk glongan darah B dan O masing-maisng hanya 2 kantong.

Komponen darah Fresh Frozen Plasma (FFP) relatif cukup banyak meski tergolong tipis juga. Untuk DDB golongan darah A sebanyak 16 kantong, TC golongan darah B dan B masing-masing 16 kantong dan FFP golongan darah O sebanyak 14 kantong.

“Memang belakangan stok darah tipis. Kami harap para relawan pendonor yang sudah waktunya donor untuk segera donor darah,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Untuk mendongkrak stok darah, tim MU UDD PMI Kabupaten Jember 29 Maret 2022 ini menggelar kegiatan donor darah di tiga lokasi. Yaitu di PT Indomarco Adi Prima, RSD Kalisat dan Masjid Baitul Hakim. Sedangkan pelayanan donor darah di UDD PMI Jl Srikoyo, Gerai Donor darah di Markas PMI Jl Jawa, Gerai Donor darah di Klinik Pratama PMI Jubung tetap berjalan seperti biasanya.

“Hari ini, 29 Maret ada tiga titik kegiatan donor darah. Moga-moga hasilnya banyak agar stok darah kembali normal,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like