PERISTIWA

Tinjau Kesiapan Hunian Tetap di Desa Sumbermujur, Gubernur Khofifah: Mohon Bapak Presiden Berkenan Meresmikan

Gubernur Khofifah saat mengunjungi lokasi Huntara di Desa Sumbermujur, Candipuro, Lumajang. (Foto: Humas Pemprov for Tunas Negeri).

Tunasnegeri.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meninjau kesiapan hunian tetap sekaligus melihat pembangunan hunian sementara tahap kedua oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, pada Rabu (06/04/22).

Gubernur Perempuan pertama di Jatim itu mengungkapkan bahwa usai terjadinya APG Gunung Semeru pada 4 Desember 2021, pihaknya sempat berkoordinasi dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar untuk merencanakan kegiatan bulan Ramadhan ini.

“Begini, dulu pernah saya, bapak bupati, wakil bupati ketika disini pernah menyampaikan bahwa direncanakan puasa ini sudah mulai bisa siap-siap dan pada saat lebaran mereka (para korban bencana alam erupsi Gunung Semeru) sudah bisa memulai memasuki rumah mereka,” kata Gubernur Khofifah pada saat meninjau kesiapan di lapangan, pada (6/4/2022).

Gubernur Khofifah menyebut, saat ini para penyintas APG ada yang mengontrak rumah, ada yang tinggal bersama keluarganya di kota lain bahkan ada yang masih tinggal di pengungsian.

“Nah yang di pengungsian itu insyaallah yang prioritas sebelum lebaran bisa memulai menggunakan Hunian Tetap dan Hunian Sementara. Tentu ada proses bersih-bersih dan seterusnya sampai saatnya tentu kita mohon bapak Presiden berkenan untuk meresmikan setelah seluruh instalasi selesai,” kata Gubernur Khofifah.

Ia juga menyampaikan kepada Bupati Lumajang bahwa ini bisa masuk kategori cash forward padat karya ini dimungkinkan kerja tetapi mereka juga mendapatkan upah sampai lebaran mereka memastikan sudah tidak di pengungsian lagi.

“Setelah instalasi semua selesai mudah-mudahan nanti bapak Presiden berkenan meresmian karena saya rasa ini hunian yang sangat sistemik dan menghitung seluruh ekosistem ekonomi, ekosistem alam yang sangat bagus perencanaannya sehingga diharapkan menjadi referensi bagi proses-proses relokasi di tempat lainnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui kunjungan Gubernur Khofifah juga di dampingi secara langsung oleh Gubernur Jatim dan Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jatim, Khofifah Indar Parawangsa, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jatim HM Arum Sabil, Bupati Lumajang Thoriqul Haq selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Lumajang, serta Indah Amperawati selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lumajang. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like