KESEHATAN

Tips Atasi Sariawan dengan Bahan Alami Rumahan

JEMBER – Sariawan sering kali menjadi keluhan yang dialami banyak orang, baik orang dewasa maupun balita. Meskipun terlihat sepele, nyatanya sariawan sangat menganggu aktivitas sehari-hari karena menyebabkan penderitanya merasakan perih.

Sariawan terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari kekurang vitamin, perubahan hormonal, dan lain-lain. Berikut beberapa bahan alami yang dapat ditemukan di rumah dan bisa meredakan sariawan sebagaimana dilansir dari halodoc.com:

1. Air Garam

Air garam merupakan antiseptik alami yang mudah untuk didapatkan. Tidak hanya untuk sariawan, air garam bisa untuk meredakan nyeri untuk orang penderita sakit gigi.

Dengan berkumur air garam selama kurang dari 1-2 menit bisa menghambat dan meredakan sariawan kamu agar tidak semakin meradang dan parah.

2. Es Batu

Sariawan mengakibatkan penderitanya mengalami rasa nyeri di area sariawan. Agar sariawan dapat sembuh dan tidak nyeri lagi, es batu bisa menjadi solusi. Rasa sejuk yang di hasilkan oleh es batu dapat mengurangi rasa nyeri yang berlebihan.

Dengan cara mengompres daerah sariawan dengan es batu atau dikulum selama beberapa menit.

3. Soda Kue atau Baking Soda

Soda kue dapat menetralkan asam yang menyebabkan sariawan dalam mulut dan bisa membantu peradangan yang disebab kan oleh sariawan tidak semakin parah.

Kamu bisa mencampurkan sedikit soda kue atau banking soda dengan air garam, lalu berkumur selama kurang dari 1 – 2 menit. Atau bisa dengan mencampurkan air dan soda kue hingga menjadi pasta, lalu oleskan ke daerah yang mengalami sariawan dengan cotton bud.

4. Madu

Madu dikenal sejak lama memiliki kandungan antibakteri. Madu sendiri dapat menyembuhkan sariawan tanpa rasa perih, dan terbukti efektif dalam mengurangi rasa nyeri, ukuran, dan kemerahan yang ditimbulkan pada saat sariawan.

Oleskan madu pada daerah peradangan dan rutin mengaplikasikannya setiap hari. Setelah kurang lebih 4 hari kamu bisa melihat hasilnya.

5. Bawang Putih

Selain untuk keperluan masakan, bawang putih merupakan bahan alami yang dapat meredakan sariawan yang tersedia di rumah. Bawang putih juga mengandung alicin dan senyawa bioaktif yang memiliki sifat antibakteri yang bisa menyembuhkan sariawan.

Dengan cara mengusapkan bawang putih yang sudah dikupas dibagian sariawan, lalu bilas menggunakan air bersih.

6. Kantong Teh

Kantong teh sendiri mengandung antivirus dari asam tanin yang dapat menyembuhkan sariawan kamu. Kamu tidak perlu khawatir, karena teh sendiri tidak menimbulkan rasa perih saat diaplikasikannya.

Caranya, aplikasikan dan diamkan kantong teh selama kurang lebih 5 menit, pada daerah ruam sariawan kamu.

Selain menjaga kesehatan tubuh kita juga harus menjaga kesehatan mulut. Dan juga perlu diingat jaga pola makan dan olahraga teratur, meskipun saat pandemi saat ini. Karena menghindari lebih baik daripada mengobati. (*)

Pewarta: Farahilah Maitsa Soraya

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like