Uncategorized

Ukraina Tuding Rusia Gunakan Senjata Kimia

Ilustrasi Masker anti gas Kimia. (Foto: Pixabay).

Tunasnegeri.com – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengungkapkan bahwa Rusia dapat menggunakan senjata kimia saat mengumpulkan pasukan untuk serangan baru.

Namun, Zelenskiy tidak mengatakan apakah mereka benar-benar telah digunakan. Hingga saat ini Amerika Serikat dan Inggris masih mencoba memverifikasi laporan tersebut.

Dilansir dari Reuters pada Rabu (13/4/20220. Produksi, penggunaan, dan penimbunan senjata kimia dilarang berdasarkan Konvensi Senjata Kimia 1997.

Hingga saat ini Kementerian pertahanan Rusia belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters. Namun, Pasukan separatis yang didukung Rusia di timur membantah menggunakan senjata kimia di Mariupol.

Setelah tentara Rusia terjebak dalam menghadapi perlawanan Ukraina, Rusia membatalkan upaya mereka untuk merebut ibukota Kyiv.

Tetapi, mereka menggandakan upaya di timur, termasuk Donetsk dan wilayah tetangga Luhansk, di mana Gubernur Serhiy Gaidai mendesak warga untuk mengungsi.

“Jauh lebih menakutkan untuk tetap dan terbakar dalam tidur Anda dari cangkang Rusia,” tulisnya di media sosial. “Evakuasi, setiap hari situasinya semakin buruk. Bawa barang-barang pentingmu dan pergilah ke titik penjemputan.” kata Serhiy.

Zelenskiy meminta untuk lebih banyak senjata dari Barat untuk membantu mengakhiri pengepungan Mariupol dan menangkis serangan timur yang diharapkan.

“Sayangnya kami tidak mendapatkan sebanyak yang kami butuhkan untuk mengakhiri perang ini lebih cepat … khususnya, untuk mencabut blokade Mariupol,” katanya.

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like