KESEHATAN

Unggah Foto Sarapan Pagi, Gubernur Khofifah: Biar Gak Kaget Diajak Sahur

Sarapan pagi Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Nasi putih, sayur bayam oyong, ikan goreng, dendeng daging dan sambal terasi. (Foto: Instagram Khofifah.ip).

Tunasnegeri.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, mengunggah foto sarapan paginya di akun Instagram pribadi miliknya.

Terlihat dalam unggahan tersebut beberapa jenis makanan mulai dari Nasi putih, sayur bayam oyong, ikan goreng, dendeng daging dan sambal terasi.

Ia juga menuliskan caption menyemangati masyarakat Jawa Timur agar melakukan sarapan di pagi hari sebelum beraktivitas.

“Assalamu’alaikum, selamat pagi masyarakat Jawa Timur. Jangan lupa sarapan sebelum memulai aktivitas, biar fokus dan bikin mood jadi lebih baik sepanjang hari,” kata Gubernur Perempuan pertama di Jatim, pada Jumat (1/4/2022).

Banyak orang melewatkan waktu sarapan di pagi hari. Entah karena terlambat bangun, terburu-buru beraktivitas, malas menyiapkan makanan, atau sedang mencoba menurunkan berat badan. Padahal, sarapan merupakan waktu makan yang penting.

Gubernur Khofifah juga menuliskan, menjelang Ramadhan, sarapan pagi ini sangat berguna untuk membuat pencernaan tidak kaget saat melakukan sahur nanti.

“Sarapan lebih awal juga bisa membantu tubuh beradaptasi menerima asupan makanan di awal waktu sebelum memasuki bulan Ramadhan . Biar gak kaget diajak sahur. Selamat menyambut bulan Ramadlan 1443 H,” tukasnya.

Dilansir Tunas Negeri dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mengisi perut pagi hari bukan semata untuk membuat perut kenyang. Banyak manfaat yang bisa petik ketika menyempatkan diri untuk sarapan.

Yang utama tentu menyediakan bahan bakar untuk tubuh dan otak setelah sepanjang malam tidak makan dan minum. Tanpa sarapan, manusia seperti mobil yang kehabisan bensin.

Ahli nutrisi menyarankan agar sarapan setidaknya dua jam setelah bangun pagi. Jika sedang berusaha menurunkan berat badan, melewatkan sarapan demi mengurangi kalori bukanlah langkah bijak. Sebaliknya, sarapan justru membantu menurunkan berat badan.

Saat tidak sarapan, tubuh justru mendamba camilan tinggi gula dan lemak saat menjelang siang. Hal itu menjadikan manusia terjebak dengan makan berlebihan saat makan siang tiba. Kelebihan kalori tersebut akan tersimpan menjadi lemak.

Sarapan juga meningkatkan fungsi kognitif. Sarapan membuat tubuh bisa kembali menyimpan glukosa, jenis karbohidrat penting yang dibutuhkan fungsi otak.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan dapat meningkatkan memori dan konsentrasi. Selain itu, kamu akan tersenyum lebih banyak, karena sarapan bisa membuat lebih bahagia dan meningkatkan mood sekaligus menurunkan stres. (*)

Bagikan Ke:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like